Manajemen atau pengelolaan TPQ sangat diperlukan apabila
seseorang ingin memulai sebuah TPQ. Karena sesuatu yang dikelola dengan baik
akan memberikan hasil yang baik pula.
a.
Supaya semua data rapi,
untuk kepentingan selanjutnya
b.
Supaya bisa dilakukan
evaluasi apabila ditemukan adanya hambatan
c.
Supaya ada tanggung jawab
dari semua pihak, baik pengajar, murid, maupun orang tua murid
d.
Supaya lebih mudah mendapat
donatur
2.
Menentukan Visi dan Misi
Menentukan visi dan misi menjadi sangat
penting, karena visi dan misi inilah yang akan menjadi pijakan dalam melangkah
kedepannya. Visi dan misi bisa berubah, tapi apabila dicanangkan, membuat semua
pihak memahami kemana sebenarnya arah langkah TPQ ini kedepannya
3.
Syarat Utama Pengelola
Pengelola dalam hal ini bukan berarti
pengajar. Pengelola bisa jadi pengajar, namun pengajar belum tentu jadi
pengelola. Pengelola adalah seseorang yang mengatur segala hal tentang TPQ dari
mulai administrasi, jam belajar, kegiatan, mencari pengajar, dan lain
sebagainya.
Syarat sebagai pengelola adalah sebagai
berikut
a.
Niat yang ikhlash karena
Allah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya di wakafkan untuk kepentingan TPQ
b.
Totalitas kerja, karena
yang kerjanya hanya setengah-setengah saja juga hasilnya bisa kurang maksimal
atau malah tidak menghasilkan apa-apa sama sekali
c.
Mengatur waktu secara
istiqomah setiap jam belajar TPQ khusus untuk memikirkan apa-apa tentang TPQ
d.
Memiliki mental kerja yang
sabar, ulet dan istiqomah
4.
Persiapan pengelolaan
a.
Memiliki izin untuk
menggunakan tempat belajar, misalnya Masjid, atau halaman rumah orang, dll
b.
Menentukan frekuensi dan waktu
belajar, apakah seminggu tiga kali atau full seminggu. Jam belajar dimulai dan
diakhiri jam berapa.
c.
Mencari donatur, bila TPQ
direncanakan gratis
d.
Mencari pengajar yang
bersedia. Dengan cara iklan di grup whatsapp, atau teman di lingkungan
e.
Bersama-sama dengan pengajar,
membuat administrasi. Diantaranya adalah kartu SPP, buku prestasi anak atau
buku penghubung, buku jurnal pengajar, buku absensi anak dan pengajar, buku
evaluasi pengajar, tata tertib belajar
f.
Setelah semuanya siap, buat
brosur sederhana yang berisi visi misi TPQ, memudahkan orang membuat pilihan
untuk mendaftarkan anaknya
g.
Membuat acara pembukaan
dengan memanggil ustadz/ustadzah, disertai sosialisasi tata tertib belajar di TPQ
h.
Mulai KBM
5.
Kegiatan Tambahan
Kegiatan tambahan kadang diperlukan, bila
kegiatan tersebut dapat menunjang KBM TPQ, diantaranya adalah
a.
Refreshing ke suatu tempat,
bisa bekerja sama dengan orang tua
b.
Outing class, pemindahan
ruang belajar ke tempat lain, contoh : lapangan atau alun-alun
c.
Lomba intern, berfungsi
untuk menciptakan persaingan yang sehat. Lomba keluar tidak disarankan.
d.
Acara intern dengan warga
sekitar, contoh: mendongeng, pengajian, baksos.
e.
Wisuda bila anak memperoleh
target tertentu untuk menambah motivasi

Tidak ada komentar:
Posting Komentar